Halaman Awal

Halaman Awal

Kamis, 13 Maret 2014

PERWUJUDAN MASYARAKAT MADANI MODEL INDONESIA

Apakah di Indonesia sudah terwujud masyarakat madani?
Masyarakat madani Indonesia mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Negara lainnya. Masyarakat madani Indonesia mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  •           Kenyataan adanta keanekaragaman budaya Indonesia yang merupakan dasar pengembangan identitas bangsa Indonesia dan kebudayaan nasional.
  •            Adanya saling pengertian antara sesame anggota masyarakat.
  •            Toleransi yang tinggi
  •            Adanya kepastian hokum.


Secara historis perwujudan masyarakat madani di Indonesia bisa dirunut semenjak terjadinya perubahan sosial ekonomi ada masa colonial, teurama ketika kapitalisme mulai diperkenalkan oleh Belanda. Hal ini ikut mendorong terjadinya pembentukan sosial melalui proses industrialisasi, urbanisasi, dan pendiidkan modern. Hasilnya antara lain munculnya kesadaran baru di kalangan kaum elit pribumi yang mendorong terbentuknya organisasi sosial modern.

Perjalanan masyarakat madani di Indonesia pernah mengalami masa yang menjanjika pada pasca revolusi (1950), pada saat itu organisasi sosial politik (orsospol) dibiarkan tumbuh bebas dan memperoleh dukungan kuat dari warga masyarakat yang baru saja merdeka. Pada masa ini, penguasa belum memiliki kecenderungan untuk turut campur lebih mendalam terhadap kehidupan warga Negara karena masih terfoku pada mempraktekan model demokrasi parlementer. Namun akhir 1950 hingga awal 1960 terjadi penurunan yang cukup drastic, dikarenakan pergerakan ormas dan lembaga sosial berubah menjadi politik aliran dan pertarungan berbagai ideology.

Tidak ada komentar: